Tuesday 25 June 2019

Calling for willing adopters: (another) Book Giveaway!


Belakangan hari, saya banyak pikiran dan banyak bersedih. Laptop entah kenapa tidak mau mendeteksi wifi kosan (logo di bawah selalu menunjukkan kabel disilang dengan tulisan "Connection are unavailable" padahal saya tahu itu tidak benar!!!), beberapa buku milik pribadi tidak mendapat tempat penyimpanan di lemari. Gimana nggak surem... hiks. Akhirnya saya putuskan untuk mencarikan mereka rumah baru saja. Mencari orang-orang penikmat buku bacaan yang akan menyayangi mereka dan memberikan buku-buku saya tempat tinggal berikutnya. Semua masih dalam kondisi sangat bagus. Beberapa bahkan belum dikeluarkan dari plastik segel (tolong tidak usah tanya kenapa, toh nggak bakalan saya jawab jujur juga), sehingga terus terang saya bisa-bisa aja menjual buku-buku tersebut dengan harga miring alih-alih bikin giveaway. Mayan kan dapet cuan demi menyambung hidup. Namun lantaran saat ini saya sedang dihempas cobaan―masih ingat kisah laptop menolak mendeteksi sinyal wifi kos?―dan tengah berupaya menyogok Tuhan agar mengeluarkan saya dari azab ini menabung karma baik, ya sudahlah saya ikhlaskan melepas mereka secara gratis.

Ada sembilan buku yang tersedia untuk diadopsi. Sebagian besar merupakan karya penulis Indonesia, ada pula yang dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia alias terjemahan. Cuma satu buku impor yang masih dalam bahasa asli, yakni bahasa Inggris. Sebelum masuk ke penjelasan cara mengikuti giveaway ini, saya akan bahas sedikit masing-masing buku bercerita tentang apa. Biar nggak kayak nadah kucing dalam karung, gitu.

Entry One:

Bernard Batubara - Asal Kau Bahagia


Masih bersegel plastik. Hehehe. Hehe. He. Lahir dari skenario film berjudul sama, yang katanya terinspirasi dari lagu Armada. Beberapa dari warga media sosial barangkali lebih familier dengan penulisnya, Bernard Batubara, yang juga lumayan aktif di akun-akun pribadi. Film cikal-bakal novel ini pun belum lama rilis kok. Kayaknya akhir tahun lalu deh. 

Berikut cuplikan sinopsis yang tertera di kaver belakang:

"Waktu kutanya apa kau benar mencintaiku, dengan yakin kau menjawab iya. Saat aku takut kau akan meninggalkanku, sambil tersenyum menenangkan kau mengusir segala ketakutan itu. Kau selalu tersenyum bahagia saat kita bersama, kau tak pernah absen menunjukkan betapa kau sayang padaku. Dan aku dengan mudahnya jatuh cinta semakin dalam padamu. Tapi, kini dengan mataku, aku melihatmu dengan yang lain. Tangannya menggenggam erat jemarimu. Kalian tersenyum. Lalu dia memelukmu. Aku ingin marah, tapi aku merasa takut. Lalu aku sadar mungkin sudah saatnya aku melepasmu. Asal kau bahagia dengan yang lain."

Entry Two:

Alanda Kariza - Travel Young


"Alanda Kariza berbagi kisah perjalanan yang mendewasakan dirinya saat ke New York, Vatikan, London, Doha, Pittsburgh, dan tempat menarik lainnya. Banyak hal yang bisa jadi pelajaran menarik, seperti keluar dari zona nyaman, berani mengambil keputusan, percaya diri, dan bisa menyikapi suatu masalah tanpa keluhan. Baginya, traveling is about discovering yourself and also your flaws."

Sudah jelas yah dari paparan di kaver belakang bahwa buku ini―berbeda dengan kedelapan temen-temennya―bukan novel fiksi. Semacam jurnal perjalanan dengan bahasa penulisan yang mudah diikuti. Tidak sempat saya lapisi sampul plastik bening, tetapi kondisinya masih super bagus. Mulus. Percaya deh.

Entry Three:

Ika Natassa - Antologi Rasa


Edisi rilisan ulang dengan kaver film, yang juga belum lama ini dirilis ke pasaran. Lengkap dengan tanda tangan penulisnya, nangkring di kaver depan. Wakakaka. Udah, udah. Nggak usah nanya aneh-aneh tentang dapetnya gimana atau saya pernah ikut acara apaan. Terima aja. 

Mengantisipasi kalian yang memang belum pernah baca novel ini sekaligus tidak nonton filmnya sewaktu tayang di bioskop lokal, Antologi Rasa in a nutshell adalah kisah cinta saling-silang antara tiga karakter: Keara, Harris, dan Ruly. Formula klasik, yang mana oke-oke aja sepanjang penuturan kisahnya tetap menarik serta mampu melibatkan emosi para pembaca.

Entry Four:

Alberthiene Endah - Athirah


Another one still inside its plastic seal. Saya punya satu jilid lagi, nangkring di rumah orang tua. Beli kedua kalinya pas diskonan untuk ditaruh kos, jaga-jaga siapa tahu ingin baca ulang suatu hari nanti, tapi ternyata tumpukan buku-buku baru saya membuatnya terlupakan. Sudah difilmkan juga. Penulisan narasinya bagus, mengingat sejauh yang saya tahu, mbak Alberthiene Endah yang merajut kata demi kata di buku ini juga merupakan seorang editor handal. Sayang beribu sayang, Noura Books selaku penerbit tidak memberikan desain kaver yang lebih oke untuk Athirah. Jadinya yaa kesannya gitu doang. Semenjana. Seadanya. Padahal buku ini sangat layak mendapat kaver yang jauh lebih menarik dan mengesankan.

"Emma tidak pernah punya gambaran tentang wanita yang dimadu. Sejak Bapak memilih tinggal di rumah keduanya, Emma sering terlihat merenung, tertunduk lesu. Ketika langkah Bapak semakin jarang terdengar di rumah kami, Emma semakin sendu. Namun, Emma tak membiarkan dirinya terlalu lama disiksa rindu. Dia segera berjuang untuk bangkit, menjadi wanita yang mandiri."

Entry Five:

Pradnya Paramitha - Better Than This


Sepanjang saya tidak salah ingat (atau tidak ketipu informasi hoax), ini adalah satu dari sekian banyak novel yang tadinya berada di dalam naungan platform Wattpad sebelum akhirnya diterbitkan sebagai buku cetak. Bagi yang menyukai formula romansa klasik benci-jadi-cinta, mungkin bakal menikmati kisah Saras dan Leo yang dipaparkan. Sinopsisnya kurang lebih kayak gini:

"Saras tahu pasti Leo membencinya. Sederet gelar positif mulai dari mahasiswa berprestasi nasional, kesayangan dosen, cowok tampan pujaan kita bersama, dan senior tingkat 4 yang terancam lulus suma cum laude, cukuplah untuk membuat Leo risih dengan keberadaan cewek malas, nyolot, bodoh, tukang taruhan, dan kuliah di Fakultas Hukum tapi satu-satunya yang dia tahu hanyalah fotografi. Tapi, memangnya Saras peduli? Dibenci Leo tak akan membuatnya mati. Sayangnya, mau tak mau Saras harus peduli karena saat ini Leo adalah kunci kehidupan bahagianya. Sebuah taruhan dengan musuh bebuyutannya, Morrie, membuat Saras harus menjadikan Leo pacarnya."

Entry Six:

Akmal Nasery Basral - Nagabonar Jadi Dua



Nagabonar Jadi Dua termasuk dalam salah satu film Indonesia pertama yang saya tonton di bioskop semasa kecil. Man, that was so fun and refreshing. Deddy Mizwar, before Jawa Barat happened, was such a good filmmaker wasn't he. Novel ini mengupas kisah yang sama dengan filmnya, yakni konflik lintas generasi antara Nagabonar dan putra tunggalnya, Bonaga. Penuturannya sangat bagus dan halus. Bahkan meski mengambil sudut pandang Nagabonar langsung―yang artinya novel ini membelot dari versi film yang menggunakan sudut pandang orang ketiga, sama sekali tidak terkesan narsistik atau janggal dibaca, padahal ada beberapa adegan yang memuat petuah-petuah serius yang dilontarkan oleh Nagabonar sendiri. Saya sempat iri dengan editor buku ini karena kayaknya dia nggak kerja ngapa-ngapain kecuali baca naskah dan cekikikan di depan layar komputer.

"Cinta itu memang luar biasa, Monita. Jika sebuah cinta tak menghasilkan hal-hal yang luar biasa bagi dua manusia yang terlibat di dalamnya, aku khawatir apakah perasaan yang menghubungkan mereka itu sungguh-sungguh cinta atau bukan."

Entry Seven:

Ayu Utami - Cerita Cinta Enrico


SHE SIGNED THE BOOK! LOOK!

Jangan tertipu dengan judulnya yang terkesan sangat simpel dan berbau teenlit. Jangan tertipu juga dengan desain kaver minimalis dan tampak manis. This is Ayu Utami, folks. You'll need a summary to know what's the real deal here and I will give you exactly that.

"Cerita Cinta Enrico adalah kisah nyata seorang anak yang lahir bersamaan dengan Pemberontakan PRRI. Ia menjadi bayi gerilya sejak usia satu hari. Kerabatnya tak lepas dari peristiwa '65. Ia menjadi aktivis di ITB pada era Orde Baru, sebelum gerakan mahasiswa dipatahkan. Merasa dikebiri rezim, ia merindukan tumbangnya Soeharto. Ini kisah cinta dalam bentangan sejarah Indonesia sejak era pemberontakan daerah hingga Reformasi."

Nah, kan. Apanya coba yang teenlit

Entry Eight:

John Green - Looking for Alaska


Versi terjemahan bahasa Indonesia terbitan GPU. Judul lokalnya: Mencari Alaska. Di buku keduanya ini, John Green berkisah tentang Miles Halter, pencinta biografi yang suka menghafal kata-kata terakhir para tokoh terkenal dunia. Dia baru saja lulus SMA, dan sebagai anak yang tidak populer di sekolah, tidak pernah berkencan, tidak punya teman akrab, kehidupan sosialnya garing, dan Miles senang bisa meninggalkan itu semua di Florida. Di lingkungannya yang baru, Miles bertemu orang-orang baru. Mendapatkan pergaulan baru. Salah satunya ya.. cewek bernama Alaska Young. Seseorang yang entah kenapa, nggak ada angin nggak ada hujan, nggak disamber geledek pun, mendadak pergi. Begitu saja.

Last Entry:

Rick Riordan - The Heroes of Olympus: The Lost Hero


The only book written in English among others in this giveaway! Penggemar Riordan pasti tahu seberapa seru dan kocak gaya penulisan beliau dalam tiap novel-novel karyanya. The Lost Hero adalah jilid perdana dari serial The Heroes of Olympus (spin-off serial Percy Jackson yang hits banget itu), sehingga kalian nggak akan kebingungan dengan apa yang terjadi, karena buku ini memang 'kepala' rangkaian buku-buku lain. Biasanya paling susah dicari juga. Ya, kan. Sering kan pengin ngikutin sesuatu tapi cuma bisa nemu jilid-jilid tengahnya doang? Tapi jika kalian males ngumpulin temen-temennya ya nggak masalah. 

"Welcome Jason Grace, a Roman demigod with no memory of his past. He, along with Piper McLean, a daughter of Aphrodite, and Leo Valdez, a son of Hephaestus, are given a quest to rescue Hera, the queen of gods, from the clutches of Gaea, the primordial goddess of the earth."

Kesembilan buku dalam satu frame. Iya, ini foto yang sama dengan gambar pembuka.

Jadi, cara ikut giveaway ini bagaimana?

Syaratnya mudah sekali, mbak-mbak dan mas-mas sekalian. Silakan tinggalkan komentar di bawah, yang mana wajib menyertakan hal-hal berikut ini:
  • Buku yang diinginkan dan alasannya. Contoh: "Aku mau adopsi Better Than This karena nggak punya akun Wattpad!" atau kalau rakus dan nggak pemilih, bisa juga "Buku yang mana aja boleh deh, mau semuanya kok".
  • Buku favorit, atau buku yang sekarang sedang dibaca.
  • Tulisan di blog ini yang kalian suka dari segala postingan carut-marut yang ada, beserta alasan singkat. Kayak gini misalnya: "Aku suka tulisan 'Asian Games Jakarta-Palembang 2018 Merchandise: a threat' karena gara-gara ulasan merchandise Asian Games itu akhirnya aku tahu barang apa yang mau kubeli!"
  • Sertakan akun Twitter (plis jangan Instagram, saya nggak punya) yang aktif, atau email. Agar saya bisa menghubungi kalian kalau-kalau menang.
Giveaway akan berlangsung hingga Juli 2019. Tanggal persisnya belum saya tentukan, namun berhubung saya perlu melegakan kamar sesegera mungkin, barangkali di pekan kedua sudah akan ada pengumuman pemenang. Monggo iseng-iseng dibaca konten blog tidak bejuntrung ini agar bisa menjawab poin persyaratan ketiga. Masih ada waktu sekitaran dua minggu, tuh. Sekadar saran: berhubung blog saya sempat mati suri, akan lebih bijaksana jika yang dibedah adalah postingan mulai tahun 2015 saja.

Saya tunggu partisipasinya yah! Semoga berkenan menjadi kediaman baru bagi buku-buku ini. Oh iya, sebagai tambahan informasi: pemenang belum tentu mendapatkan buku yang diminati. Poin pertama di atas hanya sebatas panduan bagi saya untuk bikin prioritas. Tapi selebihnya ya tergantung untung-untungan. Hehe. Gapapa kan?

z. d. imama

20 comments:

  1. aku pengen buku Looking for Alaska/Asal kau bahagia, karna aku suka buku romance hehe. aku baru selesai baca buku nya Kata karya ntsana.

    diblog ini aku suka tulisan Sunday Out: MRT Jakarta Trial Run for Public and Other Things karna aku pgn banget nyoba naik MRT tp karna jauh harus ke jakarta jd emang suka banget baca2 atau nntn video ttg MRT jd at least punya gambaran lah ya ttg MRT jakarta.

    Terimakasih sudah berbagi, kak. saya emang lg pengen baca buku, semoga bisa dpt bukunya hehe.

    twitterku: ketypuu

    ReplyDelete
  2. > Buku Travel Young by Alanda Kariza !! Alasannya karena tidak pernah punya niat untuk membeli buku non fiksi (saya pecinta kehaluan) kalau beli sendiri nampaknya tidak bakal kesampaian sampai kapanpun huhuhu.
    > Buku favorit sejauh ini novel Holy Mother by Akiyoshi Rikako, plow twist-nya bikin pengen ketawa ala-ala villain di manga/drakor.
    > Suka tulisan kak Zi yang "The Bra Dilemma" tulisan yang menyadarkanku bahwa selama ini hidupku benar-benar bergantung pada ibu. Dan lucu juga sampai detik ini belum bisa menemukan ukuran Bra yang awesome, pas, di dada aku yang minimalis ini, kadang 34 kadang 36 (iya, aku juga masih bingung ada yang pakai ukuran nomor ada pula yang huruf 😭😭)
    Aniwei, please menangin akuuh ya kak Zi ❤️

    ReplyDelete
  3. Buku Young Travel by Alanda Kariza !! Alasannya karena tidak pernah punya niat untuk membeli buku non fiksi (saya pecinta kehaluan) kalau beli sendiri nampaknya tidak bakal kesampaian sampai kapanpun huhuhu.
    > Buku favorit sejauh ini novel Holy Mother by Akiyoshi Rikako, plow twist-nya bikin pengen ketawa ala-ala villain di manga/drakor.
    > Suka tulisan kak Zi yang "The Bra Dilemma" tulisan yang menyadarkanku bahwa selama ini hidupku benar-benar bergantung pada ibu. Dan lucu juga sampai detik ini belum bisa menemukan ukuran Bra yang awesome, pas, di dada aku yang minimalis ini, kadang 34 kadang 36 (iya, aku juga masih bingung ada yang pakai ukuran nomor ada pula yang huruf ����)
    > Akun twitter : @diandfz
    Aniwei, please menangin akuuh ya kak Zi

    (Maap tadi lupa ketik username twitter ����)

    ReplyDelete
  4. Aku pengen banget buku Rick Riordan - The Heroes of Olympus: The Lost Hero. Kenapa oh kenapa? Karna aku suka banget sama cerita ttg mitos dewa dewa yunani gitu. Kemarin baru aja mendalami cerita tentang medusa hehe. Terus I like percy jackson too, Movie version tapi. Jadi penasaran ingin baca buku bukunya juga tapi belum kesampean beli.

    Di blog ini aku suka tulisan Fear no storm, if your ship(s) never sail karna isinya ada tokoh favorite aku yaitu draco malfoy. I can relate banget sama ship nya. Lemah banget kalo udah nyangkut sama harry potter.

    Current books aku adalah the devotion of suspect X. Udah lama banget ngincer buku ini tapi gak ketemu2. Akhirnya minggu kemarin ke gramedia nemu yang udah diterjemahinnya��

    Twitter : eshalagacia

    Oh iyaaa terimakasih banyak udah buka giveaway ini. Bermanfaat sekali buat yang suka baca baca buku tapi kadang suka bingung mau baca apa. Kakak udah ngasih inspirasi juga buat bahan bacaan aku hehe

    ReplyDelete
  5. Gue pengen buku Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami. Alasannya, karena judul buku sama deskripsipsinya beda banget. Emang suka cerita kisah nyata gitu juga.

    Buku favorit sejauh ini yaa, buku yang lagi gue baca sekarang. Bukunya Henry Manmpiring yang judulnya Filosofi Teras.

    Postingan blog yang gue paling suka tuh, Crazy Broke Asian : a daily commuting rant. Karena, gue jadi terinspirasi untuk naik transportasi umum, terutama Transjakarta. Tapi enggak ngasih tempat duduk ke cowo gondrong juga hahaha.

    Makasih banyak ya kak, udah mau berbagi hal yang bermanfaat. Semangat teruss

    twitter gue di @faridfibriant

    ReplyDelete
  6. Alanda Kariza - Travel Young !! Dari sinopsisnya, keliatannya buku ini bisa membantu aku biar lebih berkembang lagi. Soalnya sekarang lagi stuck banget.

    Buku favoritku sendiri sih sebenernya gitu2 aja.. Lupus, Harry Potter, sama Chicken Soup.

    Di blog ini postingan yg paling aku suka sih "Rules are made to be broken". Soalnya sesama pecinta gintama juga dan reviewmu bikin aku ngakak sih xDDD. Apalagi bagian Miura Haruma HAHAHHAHA :'))))) pas baca tulisanmu, baru nyadar kalo dia yg jadi Eren. Bangke xDDDDDD Saking mumetnya aku pas nonton itu dan ngernyitin dahi sepanjang film, aku ga perhatiin muka Eren. Reviewmu sangat menggambarkan keabsurdan film Gintama yg cuma bisa dinikmati sama segelintir orang.

    Twitter: bakaaaa_anego

    ReplyDelete
  7. Hi, kak. Allow me to adopt one of your babies: Rick Riordan-The Heroes of Olympus. I've read all of Rick Riordan's Percy Jackson series but since I'm broke af I can't afford to buy a copy of his books (I read the previous books by renting to my friend).
    Last year I impulsively bought a Sherlock Holmes-The Complete Works (I love Sherlock and it's cheap-that's why) at Big Bad Wolf Surabaya, and currently I'm reading that book.
    Btw, I love your Sunday Out: MRT Jakarta Trial Run for Public story. Though I don't live in Jakarta and have no idea about the route you're talking about, but as someone that love to use train as a public transportation, the existence of MRT itself already excite me and reading your post give me a kind of personal motivation to try out the MRT by myself hehe. Anyway you can find me on twitter: nlsrrh. Sorry for the long comment, btw. God bless.

    ReplyDelete
  8. hai, pengen ayu utami. gw suka ayu utami, tapi bbrp buku ayu utami gw udh dipinjem entah siapa dan ga balik. yg enrico ini belom baca, sbb udh lama bgt ga ke gramed liat buku2 baru penulis indo.
    buku favorit sepanjang masa gw: city of joy, Dominique lapierre. ini buku yg mengubah gw, gw jadi bisa menikmati apapun yg lagi terjadi di hidup gw dan gw memutuskan ga mau bnyk ngeluh.
    buku yg lagi dibaca: bill Bryson, in a sunburned country. baru nemu si bill ini di big bad wolf, awalnya beli 1 buku dia. trus jadi mulai bacain semua bukunya.
    postingan yg plg gw suka ya waktu report konser nya one ok rock. sedih gw ga bisa berangkat krn gw kerja. gitu deh, gw kerja nya senin-sabtu. gara2 itu gw sering liat2 blog ini jg, ternyata bnyk yg lucu2, dan kayaknya penulisnya seru orangnya :D
    twitter : @nyet_nyetz

    ReplyDelete
  9. > Halo kak, aku pengen banget sama Cerita Cinta Enrico, selama ini selalu suka karya-karya Ayu Utami dan ga ada buku beliau yang aku ga suka. Kebetulan aku belum baca yang ini. Pertama kali baca Saman sama Larung jaman SMA terus beberapa bulan yang lalu aku baca lagi karena udah agak lupa ceritanya and it was as interesting as the first time. Salah satu buku Ayu Utami yang paling aku suka adalah Si Parasit Lajang yang dipinjem temenku terus ga dibalikin sampe sekarang huhuhu

    > Aku baru aja selesai baca bukunya Puthut EA judulnya "Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah". Ceritanya unik banget dan agak-agak surreal.

    > Aku sangat relate sama tulisan kamu yang judulnya "Your standards for a man are way too high," they say, entah kenapa baca ini kaya baca pikiranku sendiri hahaha. Selama ini selalu mikir, apa yang salah dari gue sampe susah banget berkomitmen dengan lawan jenis, sampe insecure sama muka sendiri, sampe nurunin standar lelaki yang sebenernya juga ga tinggi-tinggi amat terus mengurungkan niat itu karena prinsipku adalah "I will never settle for less". Ya gitu emang kak, mungkin kita emang not that lucky. Hehehe.

    > Twitter: @estitikaw

    ReplyDelete
  10. Aku mau adopsi Cerita Cinta Enrico-nya Ayu Utami. Kumohon, Mbak Zi! I beg you! Jebal! Awal tahun ini baru selesai baca Si Parasit Lajang dan baru tau bahwa CCE adalah kelanjutan SPL. Mau bali CCE, tapi udah langka dan lagi nggak ada duit juga sih *cry*. Atau, kalau boleh nih, saya beli deh CCE-nya. Tapi bayarnya pake Gopay atau Ovo, nggak apa-apa? :))

    Buku favorit ya? Oke, saat menulis ini, yang langsung kepikiran adalah People of the Book-nya Geraldine Brooks. Mbak Zi harus baca alias rekomendeath bat dah asliii!!!
    Anyway, sekarang aku lagi baca The Brief Wandorous Life of Oscar Wao-nya Junot Diaz.

    Dari semua tulisan di blog ini, aku paling suka "On 'serious relationship'". Sejujurnya, aku paling suka dengan tulisan-tulisanmu yang mengangkat topik relationship, cinta, dan segala hal yang berhubungan dengan itu. Bukan karena aku bisa relate atau gimana, tapi suka dengan cara kamu beropini dan sudut pandang yang kamu angkat juga beda dan unik. Terus menulis topik ini yaaa~

    Twitter: @NaufalRM

    ReplyDelete
  11. Halo!

    Aku mau adopsi buku The Heroes of Olympus: The Last Hero dari Rick Riordan, karena aku suka banget sama Percy Jackson and the Olympians series! Sampai rela nabung lama buat beli semua ebook-nya yang english version, karena aku lebih suka baca buku dalam versi bahasa aslinya. Pas tau kalau ada giveaway buku karya Rick Riordan (dalam versi aslinya pula) tentu aku langsung ikutan!

    Buku favorit aku adalah The Sea of Monsters, salah satu dari Percy Jackson and the Olympians series. Aku suka buku ini karena banyak relate sama kesulitan yang dialami sama Percy selama dia berpetualang, dan di buku ini juga pertama kali muncul salah satu karakter favorit aku yaitu Tyson.

    Aku suka tulisan kamu yang judulnya "I want a normal life". Selesai baca berasa lagi ditelanjangin, it hits me so deep terutama di paragraf akhir. Somehow agak lega abis baca unek-unek yang selama ini cuma bisa aku pendam aja. I'm glad i found that post of yours.

    Terima kasih banyak buat kesempatan giveaway-nya yaaa. You can find me on twitter at: ongkangkaki. Have a good day!

    ReplyDelete
  12. Hai kak!

    Aku mau adopsi buku Athirah karya Alberthiene Endah. Alasannya karena setelah aku baca-baca review di Goodreads buku ini layak dicoba, kebetulan aku sendiri belum tau kalau dia ada filmnya dan sangat penasaran dengan isi dari buku tersebut. Aku sendiri sebagai perempuan merasa karakter Emma ini merupakan sosok yang kuat dan aku bisa belajar banyak lewat kisahnya dalam buku ini.

    Buku yang sekarang aku baca adalah Laut Bercerita. Sudah lama ada di wish list dan baru sempet baca belakangan ini sembari mencuri-curi waktu di sela kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

    Tulisan kakak yang paling aku suka yaitu tentang cerita kakak naik MRT Jakarta, karena aku sendiri tidak tinggal di Jakarta dan penasaran banget pengen ngerasain gimana pengalaman naik MRT.

    Akun twitter aku @_dedeew hehe terimakasih udah ngadain giveaway apalagi hadiahnya buku, seneng banget! Semoga hari-harimu menyenangkan kak!

    ReplyDelete
  13. Halo mbak zi.

    Aku akan memilih 'Athirah' atau 'Looking for Alaska'. Memilih Athirah karena tertarik dengan sudut pandamg perempuan dari tema yang diangkat di buku ini. Sedangkan memilih 'Looking for Alaska' karena ingin membaca buku lain dari John Green selain 'The Fault in Our Star'. I want to find the charm of his book because TFIOS wasn't leave the deep impression for me.

    Buku yang dibaca sekarang: 'The Likeness' dari Tana French. Buku favorit (perhaps): serial Harry Potter, serial Lockwood & Co, buku-bukunya Gillian Flynn.

    Tulisan yang disuka: 'All those love, but...' Meybe because I love the felt of raw emotion that was depicting through the post. I like to read all of your post, though.

    Terima kasih. Keep up with the writing.

    Id twitter:@mela_044

    ReplyDelete
  14. Join kak... Daku pengen buku Rick Riordan - The Heroes of Olympus: The Lost Hero. Karena apa ya? Eum... Karena tertarik aja soalnya belum pernah punya buku bahasa inggris kak. Lumayan juga sekalian melatih kemampuan berbahasa inggris. Selama ini melatihnya cuma baca komik online yg b.inggris doank. Soalnya aku udah gak les lagi..

    Buku yg sekarang kubaca berjudul Matilda dari pengarang legend Roald Dahl. Beuh mantap kak, walau novel anak2 tapi mantep lah :D baca deh pokoknya kak!

    Kalau tulisan kakak sih aku belum baca banyak ya... Tapi aku nyantol yg bra bra itu. Wkwkwkwk... Sebagai cewe aku juga can relate gitu :v wkwkwkwk...

    Twt ku : @ling_lianty aku juga baru nemu blog kakak di twt. Aku juga ngeblog lho kak btw... Hehehee. Izin fallaw blog kakak ya =D


    (´∀`)♡

    ReplyDelete
  15. Hai, Kak! Aku suka sama semua bukunya. Tapi kalau harus pilih, aku mau buku Travel Young karya Alanda Kariza. Karena aku suka banget buku yang berbau travelling atau jurnal travel. Sebelumnya belum pernah punya. Selain itu bahan bacaanku lagi seret sama kayak isi dompet :-D (Curhat) Jadi kalau kakak mau ngasih sekalian sama yang lain juga boleh :-D (Ngarep lo) Jadi, pas nemu giveaway ini kayak... embusan angin di siang terik. Seger. Gak masalah kalau bukunya belum di sampul. Aku suka nyampulin buku soalnya :-)

    *Buku favoritku ada banyak. Tapi buku yang baru aja selesai aku baca kemarin dan lumayan membekas adalah The Book Of Forbidden Feelings (khususnya hal. 35, 40-41)

    *Kalau postingan/tulisan di blog ini yang paling aku suka adalah "The Reading Dilemma" Aku sepakat kalau kekuatan buku cetak itu selain karena sense of existence-nya sangat kuat, buku cetak juga punya aroma yang bisa dibilang the most memorable (terlebih karena aku suka menghirup aroma buku baru kayak orang kurang kerjaan) meskipun dengan bentuk fisik dan ukuran buku cetak yang kadang bikin kita worry kalau mesti dibawa kemana-mana. Jujur, aku termasuk orang yang gak kuat kalo harus baca e-book lama. Bikin mata perih, gak kayak buku versi cetak yang bisa tahan berjam-jam (apalagi kalo ceritanya lagi rame). Tapi karena belakangan ini aku sedang pengangguran, jadilah aku beralih ke e-book. Itu pun dapat sharing teman dan kalo lagi pengin baca. Karena kalo beli kadang-kadang bisa lebih mahal dari versi cetak.

    *Aku juga gak punya akun instagram jadi ini akun twitter aku : @caramacchiato98

    ReplyDelete
  16. Aku pengen buku yang Travel Young soalnya cita2ku jadi playboy yang artinya anak laki-laki yang suka main... bukan maenin cewek nih maksudnya ya kak.. tapi selain buku itu pun gapapa kok bebas hehehe

    Buku yang lagi aku baca yaitu Mendaki Tangga yang Salah dari Eric Barker, tentang orang sukses yang tidak semuanya melakukan hal yang selama ini orang stereotype-kan tentang orang sukses, pun tulisan yang aku suka dari kakak adalah yang "when people say pacar-able or nikahable" yang mengkritisi stereotype yang salah di masyarakat

    akun twitterku @fauzyhusnim dan emailnya fauzyhusnimubarok@gmail.com, keren !

    ReplyDelete
  17. Aku pingin adopsi buku Travel Young-nya Alanda Kariza karena selama ini memang genre buku favoriku adalah non-fiksi traveling. Aku penasaran dengan cerita Alanda ketika di New York, Doha, dan Pittsburgh. Sejauh ini buku-buku traveling yang sudah aku baca belum ada yang menceritakan tentang traveling di ketiga kota tersebut. Oh iya, karena aku cukup rakus dengan buku, pilihan lainnya aku pingin adopsi Mencari Alaska karena aku merasa punya kesamaan dengan Miles yaitu tidak populer, tidak punya teman akrab, dan kehidupan sosialku garing hehehe.

    Buku favoritku sejauh ini adalah Haram Keliling Dunia karya Nur Febriani Wardi. Buku ini menceritakan petualangannya di beberapa negara Eropa selama dia menempuh studi S2 di Belanda. Aku suka caranya yang seru dan kocak ketika menyampaikan cerita-cerita di bukunya itu.

    Tulisan yang aku suka dari blog ini adalah "Asian Games Jakarta-Palembang 2018 Merchandise: a threat". Dari tulisan itu aku akhirnya mendapat semangat untuk nonton Asian Games (dan menulis dua tulisan di blogku sendiri tentang Asian Games, juga berfoto dengan trio maskot Asian Games waktu mampir ke Kota Tua Jakarta September tahun lalu), padahal sebelumnya nggak ada niat sama sekali karena promosi dari panitia penyelenggaranya kurang menggaung kalau menurutku *nyalahin*. Misalnya aku nggak baca tulisan itu, mungkin aku baru excited waktu closing ceremony dan...menyesal hahaha. Ini serius ya, bukan abang-abang lambe mentang-mentang ada giveaway.

    twitter: @ndhdhlbrc

    ReplyDelete
  18. Halo kak, malam.
    Langsung aja, buku yg ingin saya adopsi (jika kakak berkenan):
    1. Alanda K. - Travel Young, dari sinopsisnya sepertinya buku ini mudah diikuti namun kaya akan nilai-nilai yg bisa diambil
    2. Ayu Utami- Cerita Cinta Enrico, saya tertarik membaca buku tsb karena dari yg saya dengar Ayu Utami ini salah satu sastrawan yg berani dalam menulis karangannya, tapi jujur sampai saat ini saya belum sempat punya karya2 Beliau

    Buku favorit saya sampai saat ini sih masih "Forest Gump"

    Tulisan kakak yg saya suka (Your standards for a man are way too high," they say), soalnya relate sama hal belakangan ini ganggu pikiran saya, yakni "standard itu kita yg nentuin apa malah kita yg kudu ngikutin?"

    twitter @akuikuafi

    Makasih ;-)

    ReplyDelete
  19. Halo kak! Terima kasih atas kesempatannya hehe

    Saya pengen banget buku Cerita Cinta Enrico. Sekilas memang terlihat seperti buku teenlit pada umumnya, namun setelah saya membaca tulisan kakak di atas saya langsung merasa tertarik dengan isi ceritanya. Apalagi masih berkaitan dengan sejarah Indonesia, yang mana saya juga suka membaca bacaan yang masih berkaitan.

    Saya berdoa semoga salah satunya bisa menjadi rezeki saya. Aamiin.


    Buku favorit saya ada "Teman Berjuang" karya Kak Indra Sugiarto.


    Saya suka tulisan kakak yang "The Reading Dilemma". Karena isi di dalamnya sangat related dengan saya hehe. Tentang perbandingan anatar buku fisik maupun elektronik. Saya juga jadi ikut berpikir "oh iya ya" dan juga banyak hal lain yang sepemikiran atau berseberangan. Tapi di luar itu, bahasa yang digunakan kakak dalam pemyampaian tulisan sangat enak untuk dinikmati, ringan namun tetap punya suasana.


    Twitter: @Lavistaaaaa

    Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  20. Hi Kak!!!

    Aku mau buku Looking for Alaska! Kenapa? Karena dulu kan sempet booming John Green, nah aku belum sempat ikut keboomingan itu hehehe. Aku belum pernah lihat film maupun membaca buku karya John Green. Sekarang sedang ingin baca romance, jadi aku kepingin banget dapat buku karya John Green :p

    Buku yang sedang aku baca saat ini adalah Fight or Flight karya Samantha Young. Seperti yang tadi aku bilang bahwa aku sedang kepingin baca buku cinta-cintaan hehehe.

    Aku suka banget tulisan Japan Fest 101: Songs on Stage kak! Brings back the memories! Akupun juga suka banget pergi ke event Jejepangan pas SMP-SMA. Yang rutin tuh festival Gelar Jepang UI! Semenjak itu jadi kenal band Jepang juga, dan terakhir puncaknya adalah aku nonton konser dong di Jepang nekat banget band judulnya Galileo Galilei tahun 2016. Kayaknya cuma aku dan temanku yang nonton dari Indonesia huwahahah!

    Semoga aku dapat buku John Green! Trims kak! <3

    Twitter: @kobarutoburu

    ReplyDelete