Friday 11 March 2016

On Annoying, Shallow Posts



baiklah.
langsung saja kita masuk ke pokok masalah.
(because actually, I don't have any patience left to deal with meaningless opening shit.)

beberapa tahun belakangan ini saya cukup gerah dengan fenomena internet yang menamakan dirinya #RelationshipGoals atau sejenisnya. yang di Twitter lah, Instagram lah, SnapChat, Tumblr, segala macam social media platform lambat laun dipenuhi sesak oleh akun-akun nggak jelas yang postingannya berpusat pada hal-hal sejenis. tadinya sih saya nggak peduli, soalnya selain tidak punya akun di beberapa platform yang tadi dikemukakan, kita masih punya opsi untuk tidak follow akun-akun kampring tersebut.

masalah muncul ketika satu-dua tahun terakhir LINE punya teknologi LINE@.

bagi saya ini menyebalkan sekali.
karena entah bagaimana, LINE@ mengizinkan munculnya notifikasi untuk setiap postingan publik yang di-likes follower mereka pada halaman timeline teman si follower. ngerti nggak? jadi misalnya saya punya teman bernama Bakso Bakar yang follow akun LINE@ "Mahasiswa Pemalas". setiap kali si Bakso ini memberi stiker likes di akun "Mahasiswa Pemalas", saya akan dapat notifikasinya dan bisa tahu postingan seperti apa yang diberi stiker oleh Bakso Bakar.

nggak penting, kan?
apalagi LINE tidak memberikan fitur yang memungkinkan kita untuk menolak dapat notifikasi tersebut.

...that being said,
notifikasi taik itu membuat saya jadi tahu apa yang banyak beredar serta apa yang banyak mendapat respon dari--setidaknya--kawan-kawan kuliah saya. and oh how I wished I never knew. because apparently, this kind of post quite frequently appears on my timeline.



(contoh akun lainnya masih banyak sih, tapi ngumpulinnya males.)


please excuse me for a moment because I wanna hurl.

tolong perhatikan jumlah pendapatan likes di ujung kanan bawah tiap postingan. hundreds, probably even thousands of likes obtained. ya nggak apa-apa kalau partisipannya adalah ABG-ABG anak SMP tukang galau yang mungkin dengan mendengar kata-kata mesum diucapkan saja sudah horny. barangkali salah saya, yang bersikap sok bijak atau tumbuh dewasa terlalu cepat.

but for god's sake...

I cannot believe that lots of my acquaintances in college are responding and liking those kind of posts.

I thought you guys are better than that, seriously.
Apparently I was mistaken.

z. d. imama

No comments:

Post a Comment